#INFOLIMIT Buat Apaan Sih?

Gak jarang gue temuin tweet yang menggunakan hashtag #Infolimit di Twitter dan meminta tolong agar semua yang baca tweet itu buat bantu nge-retweet tweet tersebut. Gue sama sekali gak ngerti apa maksud dan tujuan dari hal itu sendiri. Gue bertanya-tanya, gue cari info di google tentang limit-limit di twitter itu maksudnya apa berhubung gue gak pernah ngalamin hal itu selama gue ber-tweeting selama ini.

Usut punya usut, ternyata limit yang dimaksudkan di twitter adalah ketika sebuah account twitter gak bisa melakukan tweeting (lagi) seolah-olah account itu kayak di block atau di suspend secara sementara. Lalu hubungannya dengan #Infolimit dan bantuan seluruh temennya dengan me-retweet itu apaan?

Entah gue yang terlalu gaptek atau mereka yang males baca sehingga seolah-olah termakan oleh gosip yang beredar di twitter, bahwa dengan melakukan tweeting dengan menggunakan #Infolimit di twitter itu bisa mengembalikan keadaan si account yang kena limit itu kembali bisa melakukan tweeting. Gue gak menyalahkan hal tsb. Hal itu bener adanya, tapi setelah satu jam dibantu oleh segambreng temen lo di twitter.

Faktanya, setelah gue baca mengenai Api-Limit Twitter, disana ada penjelasan bahwa setiap account itu punya batas maksimal tweeting yaitu 1000/hari dan dipecah menjadi lebih kecil jadi batasannya /jam. Gue kurang tau batas maksimalnya berapa dalam interval 1 jam itu sendiri. Beberapa artikel yang gue baca, untuk unauthenticating itu cuma 150/hour sedangkan oAuth bisa sampe 350/hour. Gue sendiri gak tau mana yang bener, secara setau gue sekarang ini setiap aplikasi twitter harus menggunakan oAuth system untuk mendapatkan hak akses sebuah account itu sendiri.

Masih ngerasa heran dengan mereka yang suka teriak-teriak-an di Twitter dengan #infolimit seolah-olah mereka menjadi seorang malaikat yang berkata ‘bantulah teman-mu yang limit, retweetlah tweet ini jika engkau peduli, wahai suketi, hihihi!~’

Gue coba cari tau cara mengatasi limit itu yang sebenernya gimana.
Dijelaskan di web tadi gue kasih mengenai Api-Limit Twitter, bahwa kalo lo kena limit, lo bisa coba untuk tweeting 1 jam berikutnya. Gak perlu dengan berteriak semacam itu di twitter yang menurut gue terlalu absurd untuk dilakukan karena gak jelas juga apa maksud dan tujuannya secara, semuanya udah dijelasin di website resmi Twitter mengenai Limit itu sendiri.

Bukan cuma limit untuk tweeting, untuk dm-ing, follow-ing dan changing email /day nya mereka punya batasan limit masing-masing. Tapi kalo menurut gue ya tweeting adalah salah satu dari mereka yang paling banyak ditemui oleh pengguna Twitter.

So, gue dapet pelajaran dari ini bahwa ‘Tidak seharusnya tweeting menggunakan #Infolimit di twitter disaat kita sedang dalam keadaan limit’ dan ‘Tidak seharusnya mempercayai apa yang belum pasti dan tidak diketahui asalnya darimana terutama yang menyebar di social media.’

Terimakasih~

Recent comments

Blog comments powered by Disqus