Cara Mengatasi Auto Retweet Twitter

image

Ya, gue sih bukan salah satu korban dari kasus “Auto Retweet" atau "Retweet Otomatis" ini ya. Tapi secara gak sengaja, karena emang kadang gue suka pelototin Timeline Twitter, jadi gue perhatiin ada satu temen gue yang keliatan rajin banget ngeretweet yang menurut gue itu udah pantes disebut Spam. Gue coba buka salah satu tweet itu dan sejujurnya gue kaget kalo tweet itu bisa sampe di retweet sampe ribuan kali. Gue juga penasaran, apa ini akun emang punya followers banyak sampe bisa dapet retweet segitu banyak? Tapi begitu gue buka account nya, ini yang gue dapet.

image

Yak, 59 followers bisa dapet ribuan retweet. Ini gak make sense kalo menurut gue. Dan begitu gue baca reply dari tweet yang banyak retweetnya itu, ternyata most of them adalah korban dari Auto Retweet itu sendiri. Dan kali ini gue mau coba bantu temen-temen yang kena Auto Retweet ini supaya bisa berhenti auto retweet nya.

Sebenernya Auto Retweet ini adalah aplikasi. Aplikasi yang digunakan sama seseorang yang bisa gue bilang “Gak Bertanggung Jawab” demi kepuasan dan keuntungan dia pribadi. Kemungkinan besar, aplikasi ini akan digunakan untuk tujuan publishing. Gak perduli dia mau dapet followers apa enggak. Yang penting apa yang dia tweet bisa sampe ke banyak orang melalui akun lain yang me-retweet.

Bagaimana aplikasi ini bisa mendapatkan akses akun twitter temen-temen yang jadi korban ini?

Feeling gue sih, sekali lagi ini cuma feeling gue aja. Banyak dari temen-temen yang kejebak sama suatu link yang membawa dia ke suatu halaman untuk autentikasi akun twitter mereka. Terutama akhir-akhir ini. Banyak banget gue liat tweet yang membahas mengenai link download BBM terbaru. Namun faktanya, itu cuma jebakan betmen belaka. Link tersebut akan membawa ke halaman autentikasi twitter. Orang yang membuka akan disuruh memasukkan username dan password twitter. Dan, mungkin temen-temen lebih banyak yang lengah dan mengabaikan peringatan dan penjelasan yang ada di halaman tersebut. Jadi mereka langsung memasukkan username dan password twitter mereka hingga akhirnya seolah mereka mengizinkan aplikasi ini untuk mengakses akun mereka.

Ini adalah contoh halaman autentikasi yang merupakan jebakan bagi para korban. Familiar dengan halaman seperti ini kan?

image

Mungkin sekarang temen-temen bisa baca di bagian “This application will be able to : “, disana ada “Post Tweets for you.” yang berarti aplikasi berhak untuk mem-posting tweet menggunakan akun yang telah melakukan autentikasi pada halaman ini.

Diharapkan untuk lebih berhati-hati di lain waktu.

Well, cara untuk menghentikan Auto Retweet ini sebenernya cukup mudah. Yang dibutuhin cuma device, dan koneksi internet. Dan langkah pertama adalah :

  1. Buka Twitter.Com dan login menggunakan username yang telah menjadi korban Auto Retweet.
  2. Klik Account Settings (Pojok kanan atas) -> Pilih Settings seperti gambar di bawah.

    image
  3. Pada bagian kiri, pilih tab “Apps”, lalu akan tampil seluruh aplikasi yang berhak menggunakan akun lo. Lihat disana, apakah ada aplikasi yang mencurigakan? Misalnya, kalo selama ini lo biasa pake aplikasi UberTwitter untuk tweeting, seharusnya hanya ada UberTwitter pada bagian Apps itu. Jika ada lebih dari UberTwitter, silahkan klik Revoke Access pada bagian aplikasi yang ingin diberhentikan aksesnya untuk menggunakan akun lo.

    Disarankan untuk melakukan Revoke Access untuk semua aplikasi dan melakukan Autentikasi ulang pada device Anda masing2.

    image

    Jika sudah di klik dan muncul tulisan “Undo Revoke Access” seperti gambar diatas, artinya aplikasi sudah berhasil dihentikan akses untuk menggunakan akun lo. Jangan di klik Undo Revoke Access nya. Biarkan seperti itu.

    Note : Nama Aplikasi diatas itu hanya contoh, bukan nama aplikasi yang merupakan aplikasi yang menyebabkan auto-retweet.

    Edit : Dapet info dari temen yang sempet kena, kalo dari dia, nama aplikasi yang suka auto retweet itu namanya rihanna masuk islam.

  4. Jika sudah selesai, itu artinya akun lo udah terbebas dari yang namanya Auto Retweet. Karena emang setiap aplikasi yang akan melakukan posting pada twitter menggunakan suatu akun akan bergantung pada access ini. Jika akses sudah ditutup, maka aplikasi tidak akan bisa melakukan posting dengan cara apapun.

    But, disarankan untuk mengganti password akun twitter lo supaya lebih yakin dan lebih aman.

Setelah posting artikel ini, mungkin gue bakal langsung hubungin twitter buat suspend aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk auto retweet itu sendiri. Semoga pihak Twitter segera bergerak.

Good luck dan semoga cepet sembuh akun Twitter nya dari Auto Retweet. :)

9 Notes

  1. adhitapurita reblogged this from erdhee
  2. botihcho reblogged this from erdhee
  3. vicofwndk reblogged this from erdhee
  4. aftachan reblogged this from erdhee
  5. erdhee posted this

Recent comments

Blog comments powered by Disqus